Cara Membuat Rambut Tidak Kering Sederhana dan Mudah

Rambut kering adalah salah satu masalah yang paling sering dialami oleh wanita yang sangat menjengkelkan dan terkadang menimbulkan beberapa masalah lain. Ada berbagai cara membuat rambut tidak kering yang bisa dicoba dan sangat membantu untuk mengatasi atau menghindari rambut kering. Rambut kering akan membuat rambut menjadi rapuh sehingga menimbulkan rambut rontok. Selain itu, rambut yang kering juga akan menjadi susah diatur, terlihat kusam dan rapuh sehingga akan menjadi sebuah dilema bagi seorang wanita. Oleh karena itu rambut kering harus segera diatasi supaya tidak menjadi lebih parah.

Cara Membuat Rambut Tidak Kering

Cara Membuat Rambut Tidak Kering

Sebelum mengetahui lebih jauh bagaimana solusi dan cara membuat rambut tidak kering, ada baiknya untuk mengetahui penyebab kenapa rambut bisa menjadi kering. Dengan mengatahui apa saja penyebab rambut kering maka nantinya bisa melakukan beberapa pencegahan sebagai cara membuat rambut tidak kering dan memiliki rambut yang indah berkilau sert sehat. Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut menjadi kering diantaranya:
  1. Terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk perawatan rambut.
  2. Terlalu sering dan berlama-lama berada di bawah paparan sinar matahari yang menyebabkan rambut terpapar sinar UV.
  3. Terlalu sering menggunakan hairstyling seperti catok ataupun menggunakan hairdryer.
  4. Selain sinar UV, polusi juga mempengaruhi rambut sehingga menjadikannya kering.
  5. Produk pewarna rambut yang berlebihan.
  6. Produk shampoo yang tidak cocok dengan rambut.
  7. Saat setelah keramas langsung menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut.
Kebiasaan sehari-hari bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan jika terus menerus dilakukan akan menjadikan rambut semakin parah yang akan terlihat kusam dan tidak sehat. Selain dari faktor diri sendiri, faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab kerusakan rambut. Untuk menjaga agar ranbut tetap sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah:
  1. Untuk menjaga kebersihan rambut biasanya kita akan mencuci rambut, akan tetapi mencuci rambut terlalu sering bahkan setiap hari justru akan mengurangi kadar minyak pada kulit kepala dan membuat rambut kering. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak mencuci rambut setiap hari.
  2. Jangan mencuci rambut setiap hari dengan shampo agar kelembaban rambut tetap terjaga.
  3. Kurangi kegiatan styling di menggunakan peralatan catok dan juga hindari pemakaian hairdryer yang berlebihan.
  4. Rambut yang dibiarkan terikat saat tidur juga bisa menjadi penyebab rambut kering dan rontok. Oleh karena itu jangna lakukan kebiasaan ini saat tidur.
  5. Hindari keramas dengan air panas.
  6. Setelah berkeramas jangan menggosok rambut dengan handuk tapi biarkan kering dengan sendirinya.
Salah satu cara membuat rambut tidak kering lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun hangat yang dihangatkan pada microwave sebagai masker rambut.