Ketahui 3 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Karena proses kimia yang sering dilakukan pada rambut terutama proses pewarnaan maka biasanya akan mengakibatkan kondisi rambut kusam, kering dan bercabang. Kondisi ini menjadi sangat tidak nyaman terutama ketika Anda merasa tekstur rambut yang cenderung kering dengan banyak cabang. Ada banyak cara mengatasi rambut kering dan bercabang yang dapat anda coba. Beberapa cara menggunakan produk-produk yang dijual di pasaran, perawatan di salon, dan juga menggunakan bahan-bahan alami. Rambut kering dan bercabang salah satu sebab utamanya karena ujung-ujung rambut tak mendapatkan nutrisi dan vitamin yang cukup.

Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Namun tentu saja direkomendasikan dalam mengatasi rambut kering dan bercabang yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Di samping karena alasan lebih aman juga hasilnya sudah banyak yang membuktikan. Tahukah anda bahwa penggunaan terlalu sering produk perawatan rambut yang banyak tersedia di salon kecantikan adalah salah satu penyebab dari ujung rambut bercabang? Itu karena dalam produk tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang bila digunakan secara terus-menerus akan membuat kesehatan dan keindahan rambut terganggu. Ada banyak konsekuensi yang mungkin timbul dari penggunaan produk tersebut secara terus-menerus, termasuk ujung bercabang, kerontokan, rambut kering, rambut kusam dan sebagainya. Tentu saja anda tidak ingin semua kejadian itu terjadi pula pada anda kan?

Oleh karena itu memang tidak disarankan menggunakan produk-produk rambut buatan pabrik secara terus-menerus. Sebagai solusinya kita dapat mencoba untuk menggunakan berbagai bahan alami bernutrisi seperti minyak zaitun, telur, madu, dan banyak lagi lainnya. Untuk itu berikut akan dijelaskan cara mengatasi rambut kering dan bercabang menggunakan bahan-bahan alami :

1. Minyak zaitun
Cara mengatasi rambut kering dan bercabang ini cukup mudah, beberapa bagian minyak zaitun diterapkan pada permukaan rambut Anda sebelum keramas. Kemudian diamkan selama sekitar 5 menit dan cuci dengan melakukan keramas. Anda dapat menerapkan metode ini dua kali seminggu dan lihat hasilnya.

2. Pepaya + Yogurt
Haluskan beberapa bagian buah pepaya dan campurkan dengan yoghurt, aduk sampai rata. Oleskan ramuan alami tadi pada kulit kepala dan rambut. Pijat kulit kepala Anda perlahan-lahan selama 10 menit dan diamkan selama 15 menit. Langkah terakhir yaitu bilas rambut Anda secara menyeluruh dengan menggunakan air hangat. Setidaknya ulangi metode ini dua kali dalam seminggu untuk mencapai hasil maksimal.

3. Memotong ujung rambut dengan teratur
Rambut yang kering dan bercabang pun harus segera ditangani dengan melakukan pemotongan secara berkala pada ujung-ujungnya. Tujuannya adalah agar ujung rambut pecah tersebut tak mengganggu pertumbuhan rambut. Aturannya adalah gunting ujung rambut sepanjang 3 cm setiap 3 minggu sekali secara rutin.

Nah itu adalah tiga cara mengatasi rambut kering dan bercabang secara alami yang dapat Anda coba. Dengan cara-cara tersebut Anda tidak lagi harus pergi ke salon atau membeli produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan kimia. Selain itu Anda juga akan bisa lebih menghemat anggaran belanja yang selanjutnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting.