Penyebab Ketombe dan Cara mengatasinya Yang Perlu Anda Ketahui

Ketombe dalam bahasa ilmiah disebut Pityriasiscapitisadalah pengelupasan kulit mati secara berlebihan dikulit kepala. Terkelupasnya sel-sel kulit mati merupakan sebuah kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu dalam jumlah yang sedikit. Akan tetapi, ada sebagian orang yang mengalaminya secara terus menerus alias kronis dan diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Orang-orang biasanya menggunakan shampo khusus untuk menghilangkan ketombe.

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ketombe dan Cara mengatasinya
Penyebab Ketombe dan Cara mengatasinya 
Jika kalian terkena ketombe, sangat dilarang untuk menggaruk kepala kalian. Hal ini harus dihindari karena menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang dapat berakibat pada meningkatnya resiko infeksi terutama bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus.

Lalu apa penyebab ketombe ? ?
Nah, pada kali ini saya akan menjelaskan apa saja yang dapat menyebabkan ketombe dikepala.

Menggunakan Sisir Rambut Sembarangan

Berhati-hatilah kalian jika menggunakan sisir apalagi menggunakan sisir teman anda. Jangan menggunakan sisir orang yang terkena ketombe karena kalian akan berpotensi tertular jamur penyebab ketombe. Jadi gunakanlah sisir milik kalian sendiri

Kulit Kepala Kepanasan

Kulit kepala yang terkena panas berlebihan dapat menimbulkan ketombe. Oleh karena itu hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut kalian. Jangan gunakan penutup kepala seperti kerudung atau helm dalam kondisi basah.

Sisa busa shampo

Sisa shampo ternyata dapat menyebabkan ketombe hinggap dikepala. Jadi buat kalian yang suka keramas. Bilaslah sisa shampo sampai bersih tuntas, karena hal itu lebih baik dilakukan demi menjaga kesehatan kulit kepala kalian meskipun memerlukan waktu untuk melakukannya.

Makanan

Makanlah makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah datangnya ketombe. Hal ini dikarenakan makanan yang tidak sehat dapat memicu datangnya ketombe dikepala kalian

Stress

Wow .. ternyata stress juga dapat memicu timbulnya ketombe dikepala selain buruk buat kesehatan.

Cuaca

Seperti halnya dengan kepanasan. Jika cuaca sedang terik ada baiknya anda hidupkan kipas dan mulai dinginkan tubuh kalian

Jarang Keramas

Buat kalian yang jarang keramas,perlu kalian ketahui bahwa akibat dari jarang keramas dapat membuat kulit kepala kalian kering dan kotoran akan bertumpuk dikepala kalian. Kotoran ini akan dijadikan sarang bagi ketombe. Untuk itu mulailah berkeramas secara rutin minimal 2 hari sekali, gunakan merk shampo yang terkenal dan cocok untuk kulit kepala kalian.

Salah Dalam Memilih Produk Perawatan Rambut

Jelilah dalam memilih produk perawatan untuk rambut kalian seperti shampo, kondisioner, vitamin rambut atau jenis produk lainnya yang sesuai dengan kulit kepala kalian. Jika salah dalam memilih jenis produk perawatan rambut dapat menyebabkan ketombe menjadi semakin parah.

Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi ketombe ???

Meskipun saat ini ada banyak sekali shampo anti ketombe yang dijual di toko-toko, namun menghilang ketombe dengan cara alami terbukti sangat ampuh. Cara alami merupakan solusi yang sangat baik untuk diterapkan karena tidak menggunakan bahan kimia sehingga kesehatan kulit kepala dan rambut kalian tetap terjaga.

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe tanpa harus khawatir kesehatan kulit kepala dan rambut kalian terganggu. Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe dan cara penggunaannya.

Minyak Zaitun
Bahan alami jenis ini dapat ditemukan di toko maupun minimarket disekitar kalian. Untuk menghilangkan ketombe dikepala, cukup balurkan minyak zaitun ke kulit kepala kalian secukupnya. Selanjutnya pijit-pijit kepala kalian secara merata secara perlahan-lahan. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah lewat dari 30 menit, kalian boleh keramas untuk membersihkan rambut kalian.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau biasa disebut aloevera memiliki keunikan tersendiri. Lidah buaya dapat mendinginkan dan menyehatkan kulit kepala kalian. Haluskan daging tumbuhan lidah buaya secukupnya. Setelah dihaluskan oleskan pada kulit kepala kalian secara merata lalu pijit-pijit kepala kalian. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bersihkan rambut kalian dengan cara keramas.

Jeruk Nipis Dan Santan

Kombinasi jeruk nipis dan santan ini ternyata cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan santan dan air perasan jeruk dengan takaran masing-masing 100 ml. Aduk hingga tercampur rata, setelah itu oleskan campuran santan dan perasan jeruk nipis ke kulit kepala kalian secara merata. Kemudian pijit-pijit kepala kalian secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bersihkan rambut kalian dengan cara keramas.

Garam

Ini merupakan cara menghilangkan ketombe yang sangat mudah untuk dilakukan. Cukup taburkan garam dikepala kalian secukupnya, tapi sebelumnya basahi kulit kepal dan rambut kalian dengan air terlebih dahulu. Setelah itu gosok kepala kalian dengan garam tersebut secara perlahan. Terakhir, bersihkan kepala kalian dengan cara berkeramas.

Nah itu tadi adalah penjelasan singkat tentang penyebab ketombe dan cara untuk menghilangkan ketombe. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya tentang Cara Menumbuhkan Rambut Botak.