Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Merawat Rambut Bercabang

Sudah menjadi rahasia umum jika rambut adalah mahkota bagi para wanita. Rambut dapat membuat penampilan seorang wanita menjadi terlihat menarik dimata para pria. Oleh karena itu tidak heran jika para wanita yang hidup di bumi rela mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke salon melakukan perawatan rambut. Tujuannya sangat jelas, yaitu untuk menjaga agar rambutnya sehat, lembut saat disentuh dan indah saat dipandang.

Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Merawat Rambut Bercabang

Penyebab Rambut Bercabang dan Cara Merawat Rambut Bercabang

Selain membuat penampilan terlihat menarik, ternyata rambut juga mempunyai manfaat lain bagi tubuh kita. Rambut berfungsi melindungi kulit kepala dari pancaran sinar matahari atau pun cuaca dingin, artinya saat cuaca panas rambut berfungsi sebagai payung untuk kepala sehingga kepala kita nggak kepanasan. Begitu pula saat cuaca dingin , rambut menjadi mantel untuk kepala sehingga kepala kita tidak kedinginan. Wooo..ternyata rambut merupakan bagian tubuh yang sangat penting juga ya bagi kita

Tapi apa jadinya jika bagian tubuh yang masuk kedalam kategori penting itu kini mulai bermasalah ?? masalah apa saja yang biasa terjadi pada rambut. Nah pada sesi ini saya akan memberikan informasi tentang masalah-masalah yang biasa terjadi pada rambut .

Ada begitu banyak masalah yang biasa terjadi pada rambut, mulai dari rambut rontok, rambut bercabang, mudah patah, berminyak, kusam dan beruban. Kali ini saya akan fokus pada rambut bercabang. Apa sih yang dimaksud dengan rambut bercabang ??

Rambut bercabang adalah suatu kondisi dimana ujung rambut kita terbelah menjadi dua atau lebih . Ada banyak faktor yang bisa membuat rambut bercabang, diantaranya sebagai berikut.

Kurang Nutrisi

Bukan hanya tubuh kita yang memerlukan nutrisi. Rambut juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjaga agar rambut tetap dalam keadaan sehat dan kuat. Nutrisiyang diperlukan rambutberupa vitamin B, zatbesi, dan protein nabati. Semua nutrisi tersebut bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi makanan dari jenis kacang-kacangan, sayur-sayuranhijau (brokoli, bayam, kangkung, dsb), buahjeruk, kiwi, telur, ikan, dansusu.

Sinar ultraviolet (UV)

Sinar ultraviolet adala sinar tidak tampak yang merupakan bagian energi yang berasal dari matahari. Sinar ultraviolet dapat membakar mata, rambut dan kulit jika tidak dilindungi. Nah buat kalian yang suka keluar ataupun beraktifitas pada siang hari ditempat yang tidak beratap gunakanlah pelindung kepala. Pelindung kepala ini dimaksudkan agar rambut tidak terkena sinar matahari secara langsung sehingga dapat mengurangi efek negatif dari sinar matahari.

Bahankimia

Diera modern sekarang banyak tren gonta ganti gaya atau style rambut sudah menjadi hal biasa. Tidak hanya itu, mengubah-ubah warna rambut juga sudah menjadi suatu hal yang wajar dilakukan oleh orang-orang. Tren ini menyebabkan banyak bermunculan produk-produk khusus rambut. Bahan-bahan kimia yang terkandung pada pewarna rambut memiliki efek yang tidak baik buat rambut. Jadi berhati-hatilah jika kalian ingin mewarnai ramut kalian.

Catok Rambut
Sebenarnya mencatok rambut tidak berefek negatif terhadap rambut kita asalkan tidak berlebihan. Terutama wanita, penggunaan alat catok sering disalah fungsikan demi menunjang penampilan agar terlihat menarik. Melihat rambut berantakan sedikit langsung dicatok padahal ini merupakan penyebab terbesar yang merusak kesehatan rambut.

Usia Rambut
Seperti halnya manusia, rambut juga memiliki usia. Semakin panjang rambut sudah dapat dipastikan usia rambut semakin tua. Jika rambut tidak dirawat dengan baik maka ada kemungkinan rambut akan rusak dan bercabang.

Lalu Bagaimana Cara Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang ??


Ada beberapa cara merawat rambut agar tidak bercabang . Kalian bisa menggunakan obat-obatan untuk menyatukan rambut yang bercabang. cara ini mungkin ampuh namun alangkah baiknya jika kita menghindari cara ini karena seperti yang kita ketahui bahwa bahan kimia yang terkandung didalam obat-obatan besar kemungkinan dapat merusak sel-sel rambut. Berbahaya bukan !

Berikut ini ada beberapa cara aman untuk merawat rambut bercabang tanpa harus menggunakan obat-obatan yang sangat beresiko membahayakan rambut.

Stop Penggunaan Alat Pengering Rambut (Hair Dryer)

Loh koq nggak boleh ?? iya jelas nggak boleh, karena arus listrik yang terhantar pada alat pengering rambut yang biasa kalian gunakan beresiko dapat membuat rambut kalian rapuh. Hal ini bukan hanya berlaku pada hair dryer tapi juga pada alat pemanas lainnya.

Stop Memberi Warna Pada Rambut

Loh bukannya kalau diwarnai rambut jadi terlihat menarik, kenapa nggak boleh ?? iyaa sih memang benar kalau diberi warna rambut jadi terlihat menarik. Tapi perlu kalian ketahui bahwa bahan kimia yang terkandung pada pewarna rambut dapat memperlambat pertumbuhan rambut baru.

Gunakan Masker Rambut Alami

Ada banyak cara untuk membuat masker alami. Kalian bisa membuat masker dari bahan alami seperti buah alpukat untuk dibalurkan pada rambut. Selain itu kalian juga bisa menggunakan minyak zaitun. Cukup pijat kepala kalian selama kurang lebih 5 menit menggunakan minyak zaitun. Fungsinya adalah untuk melancarkan peredaran darah dikepala kalian.

Potong Rambut Secara Rutin

Menurut para ahli rambut harus dipotong khususnya pada bagian ujung rambut setidaknya 2 bulan sekali secara berkala.Tetapi akan lebih baiki jika kita mencari tahu dulu berapa lama waktu yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh memanjang. Hal ini wajib kalian ketahui karena hormon setiap orang berbeda-beda. Ada yang rambutnya cepat tumbuh dan sebaliknya ada juga yang rambutnya lama tumbuh.

Nah itu tadi adalah penjelasan singkat tentang penyebab rambut bercabang dan cara untuk merawatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel selanjutnya tentang Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya.